Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Federal Reserve Menggerakkan Roda untuk Pengurangan Neraca

Federal Reserve Menggerakkan Roda untuk Pengurangan Neraca

Federal Reserve pada pertemuan Desember memulai rencana untuk mulai memotong jumlah obligasi yang dipegangnya, dengan anggota mengatakan bahwa pengurangan neraca kemungkinan akan dimulai beberapa saat setelah bank sentral mulai menaikkan suku bunga, menurut risalah yang dirilis Rabu.

Sementara para pejabat tidak membuat keputusan apa pun tentang kapan Fed akan mulai meluncurkan hampir $8,3 triliun Treasurys dan sekuritas berbasis hipotek yang dipegangnya, pernyataan di luar pertemuan menunjukkan bahwa proses dapat dimulai pada 2022, mungkin dalam beberapa bulan ke depan.

“Hampir semua peserta setuju bahwa mungkin tepat untuk memulai limpasan neraca di beberapa titik setelah kenaikan pertama dalam kisaran target untuk tingkat dana federal,” ringkasan pertemuan menyatakan.

Ekspektasi pasar saat ini adalah agar The Fed mulai menaikkan suku bunga acuan pada bulan Maret, yang berarti bahwa pengurangan neraca dapat dimulai sebelum musim panas.

Risalah juga menunjukkan bahwa begitu proses dimulai, “laju limpasan neraca yang sesuai kemungkinan akan lebih cepat daripada selama episode normalisasi sebelumnya” pada Oktober 2017 .

Ukuran neraca Fed signifikan karena pembelian obligasi bank sentral telah dianggap sebagai elemen kunci dalam menjaga suku bunga rendah sambil meningkatkan pasar keuangan dengan menjaga uang mengalir.

Wall Street bereaksi negatif terhadap berita tersebut , dengan saham jatuh dan imbal hasil obligasi pemerintah meningkat di tengah prospek pengetatan Fed pada 2022.

Pejabat Fed berulang kali mengatakan selama pertemuan bahwa mereka percaya kebijakan ultra-mudah yang dilembagakan pada hari-hari awal pandemi Covid-19 tidak lagi dibenarkan atau dibenarkan. 

Mengatasi pilar utama dari tujuan ganda mereka, anggota komite menyatakan keprihatinan atas lonjakan inflasi sambil mengatakan mereka melihat pasar pekerjaan mendekati pekerjaan penuh.

“Mereka melakukan lebih dari sekadar membicarakan hal ini. Jelas terjadi diskusi yang cukup panjang. Ini adalah percakapan yang cukup serius,” Kathy Jones, kepala strategi pendapatan tetap di Charles Schwab, mengatakan tentang risalah tersebut, yang memiliki bagian khusus berjudul “Diskusi Pertimbangan Normalisasi Kebijakan.”

“Fakta bahwa hampir semua peserta setuju bahwa adalah tepat untuk memulai limpasan neraca setelah kenaikan pertama dalam kisaran target untuk suku bunga dana federal menyiratkan bahwa tidak ada keinginan besar untuk ‘mari kita tunggu dan lihat.’” Jones menambahkan. 

“Terakhir kali, mereka menunggu dua tahun. Kali ini, sepertinya mereka sudah siap untuk pergi.”

Selama pengurangan 2017-19 itu, The Fed mengizinkan tingkat hasil yang dibatasi dari obligasi yang dipegangnya bergulir setiap bulan sambil menginvestasikan kembali sisanya. 

Bank sentral memulai dengan mengizinkan $10 miliar Treasurys dan sekuritas berbasis hipotek setiap kuartal bergulir, meningkat sebanyak itu setiap periode hingga batas mencapai $50 miliar.

Program ini dimaksudkan untuk menurunkan neraca secara signifikan, tetapi terhambat oleh pelemahan ekonomi global pada 2019, diikuti oleh krisis pandemi pada 2020. Secara keseluruhan, jumlah pengurangan hanya sekitar $600 miliar. 

Mantan Presiden Donald Trump adalah seorang kritikus vokal program, kadang-kadang disebut sebagai “pengetatan kuantitatif,” saat ia mengecam pejabat Fed.

Posting Komentar untuk "Federal Reserve Menggerakkan Roda untuk Pengurangan Neraca"