Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ekspor Bisa Menjadi Pendorong Utama Pertumbuhan China karena Covid Menurunkan Pengeluaran

 

Ekspor Bisa Menjadi Pendorong Utama Pertumbuhan China karena Covid Menurunkan Pengeluaran

Ekspor akan terus mendorong ekonomi China untuk sisa tahun ini karena pasar domestik masih lesu, menurut para analis.

Para pemimpin China telah mengindikasikan selama bertahun-tahun bahwa mereka ingin menjauh dari ekspor sebagai sumber utama pertumbuhan dan menuju konsumsi domestik untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, kata Mattie Bekink, direktur China di Economist Intelligence Corporate Network. 

“Tapi itu jelas bukan apa yang terjadi selama pandemi. Jadi pemulihan ekonomi China sebagian besar bergantung pada kembali ke model lama yang didorong ekspor, sementara konsumsi benar-benar tertinggal,” katanya kepada CNBC’s “Squawk Box Asia” pada hari Kamis.

“Pada tahun 2020, misalnya, ekspor bersih menyumbang bagian terbesar dari pertumbuhan PDB Tiongkok sejak 1997 dan konsumsi bahkan belum pulih ke tren pra-Covid, menurut Biro Statistik Nasional Tiongkok,” kata Bekink.

Terlepas dari gangguan global rantai pasokan selama pandemi, surplus perdagangan China naik menjadi $676,43 miliar pada tahun 2021— naik dari $523,99 miliar pada tahun 2020, dan rekor tertinggi pada tahun 1950, menurut data resmi dari informasi Wind.

“Ekspor masih akan terus menjadi pendorong pertumbuhan yang sangat penting bagi ekonomi China pada 2022,” kata Zerlina Zeng, analis kredit senior di CreditSights, kepada CNBC, Rabu.

Pada hari Kamis, bank sentral China memangkas suku bunga pinjaman lagi di tengah meningkatnya kekhawatiran perlambatan ekonomi, dan mengurangi suku bunga pinjaman satu tahun  serta LPR lima tahun. 

Suku bunga pinjaman utama mempengaruhi suku bunga pinjaman untuk pinjaman korporasi dan rumah tangga di dalam negeri.

Ekonomi terbesar kedua di dunia itu tumbuh 8,1% pada 2021 karena produksi industri naik terus hingga akhir tahun, menurut data resmi dari Biro Statistik Nasional China yang dirilis Senin. 

PDB pada kuartal keempat naik 4% dari tahun lalu, lebih cepat dari perkiraan analis.

“Perekonomian China hampir berjalan di dua jalur. Ekonomi berbasis ekspor sebenarnya baik-baik saja, tetapi ekonomi domestik cukup lemah,” Steve Cochrane, kepala ekonom Asia-Pasifik di Moody’s Analytics, mengatakan kepada  “Squawk Box Asia” CNBC pada hari Rabu.

Posting Komentar untuk "Ekspor Bisa Menjadi Pendorong Utama Pertumbuhan China karena Covid Menurunkan Pengeluaran"