Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Aman Memilih Platform Pinjaman Online

Pinjaman online Legal merupakan solusi alternatif  bagi kamu yang  membutuhkan dana cepat, dengan persyaratan lebih mudah dibanding lembaga pembiayaan konvensional. Sebab pinjaman online sendiri sudah berbasis teknologi yang proses administrasinya secara elektronik tanpa perlu kamu datang ke kantor cabang.

Namun sayangnya, kehadiran pinjaman online ilegal membuat masyarakat resah karena masalah-masalah yang timbul seperti penyalahgunaan data pribadi, bunga yang tinggi, hingga tenor yang tidak sesuai kesepakatan yang dijanjikan.

6 Tips Aman Memilih Platform Pinjaman Online


Nah, jika kamu ingin meminjam di platform pinjaman online. Berikut tips aman untuk meminjam di pinjaman online:

  1. Pastikan Sudah Resmi Berizin dan Diawasi Oleh OJK

Pertama yang harus kamu lihat adalah apakah platform pinjaman tersebut sudah resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kamu bisa mengecek status legalitas pinjaman online di situs resmi OJK atau hubungi KONTAK 157.

  1. Pastikan Bunganya Terjangkau

Pinjaman online ilegal biasanya memiliki bunga yang tinggi dan tidak sesuai dengan ketentuan OJK. Untuk itu, kamu harus berhati-hati sebelum meminjam pastikan bunganya terjangkau sehingga tidak memberatkan kamu di kemudian hari.

  1. Pinjam Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan

Pinjamlah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan membayar. Sebaiknya gunakan pinjamanuntuk kebutuhan produktif seperti tambahan modal usaha, perbaikan kendaraan bermotor ataupun kebutuhan mendesak lainnya dibanding hanya untuk kebutuhan konsumtif.

Sedangkan, besar pinjaman atau cicilan  baiknya tidak melebihi 30 persen dari penghasilan kamu, agar tidak mengganggu cash flow dan gagal bayar.

  1. Membayar Tagihan Tepat Waktu

Setelah meminjam, kamu harus mengetahui kewajiban yakni membayar tagihan tepat waktu. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kredit score, meningkatkan limit pinjaman serta membuat kamu terhindar dari denda keterlambatan.

  1. Selalu Menjaga Kerahasiaan password dan kode OTP

Ingat jaga selalu kerahasiaan data pribadi seperti password dan kode one time password (OTP) agar akun kamu tidak disalahgunakan oleh orang lain.  

Customer service maupun pihak penyedia platform pinjaman online maupun aplikasi lainnya tidak akan pernah meminta password atau kode OTP kamu.

  1. Hanya Mendownload Resmi di Toko Aplikasi 

Agar terhindar dari bahaya malware, penyalahgunaan data dan lainnya yang tidak diinginkan. Kamu harus mendownload aplikasi pinjaman online hanya di toko aplikasi resmi seperti Google Playstore, ataupun toko aplikasi resmi yang disediakan oleh smartphone kamu.

Kamu bisa mendownload SingaID Pinjaman online yang aman, cepat dan terpercaya serta sudah berizin dan diawasi oleh OJK disini

Posting Komentar untuk "6 Tips Aman Memilih Platform Pinjaman Online"